SMP Muhammadiyah 1 Wangon adalah salah satu sekolah menengah pertama swasta yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sekolah ini berdiri pada tanggal 1 Juli 1986, dengan Surat Keputusan Kanwil Depdikbud Jawa Tengah No. 34/103.8.4/P–1986. Adapun pendirinya antara lain M. Husni Thamrin, S. Taufik Hidayat B.A., M. Tarsun Su'aidy, B.A., Mujahidin, B.A. selaku PCM Wangon saat itu.
SMP Muhammadiyah 1 Wangon memiliki alamat di Jalan Raya Utara Wangon, RT/RW 4/2, Dusun Klapagading Kulon, Desa/Kelurahan Klapagading Kulon, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53176. Sekolah ini memiliki akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Nomor 02.00/0000/BAN-SM/X/2022.
SMP Muhammadiyah 1 Wangon memiliki visi:
“ Qur'ani, Mandiri, Kreatif, Berprestasi”
(Qurma Kreasi)
Sekolah ini memiliki misi sebagai berikut:
Untuk mewujudkan visi sekolah SMP Muhammadiyah 1 Wangon tersebut, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Misi sekolah SMP Muhammadiyah 1 Wangon yang disusun berdasarkan visi di atas, antara lain sebagai berikut:
Mewujudkan lulusan dengan iman, akhlaq dan budi pekerti yang luhur
Mewujudkan siswa yang mampu membaca Al-qur’an dengan benar
Mewujudkan siswa yang mampu menghafal Jus 30 dalam 1 tahun
Mewujudkan siswa yang smampu menghafal do’a-do’a sholat dalam 1 semester
Mewujudkan siswa yang mampu meningkatkan kemandirian dan bekerjasama (IPM dan KOKAM)
Mewujudkan siswa yang mampu menghasilkan hasil karya
Mewujudkan fsiswa yang mampu menjuarai kejuaraan tingkat sub rayon
Mewujudkan siswa yang mampu menjuarai kejuaraan tingkat Kabupaten dan Nasional (Tapak suci tingkat Nasional dan OSM tingkat Kabupaten).
Tujuan yang ingin dicapai SMP Muhammadiyah 1 Wangon sebagai bentuk untuk mewujudkan visi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
Membentuk peserta didik yang beriman, berakhlak, dan berbudi pekerti yang luhur
Mendorong peserta didik untuk mampu membaca Al-qur’an dengan baik dan benar.
Mendorong peserta didik untuk mampu menghafal Jus 30 dalam 1 tahun.
Mengoptimalkan peserta didik untuk mempraktikkan do’a-do-a dalam kegiatan sholat.
Membentuk karakter peserta didik untuk mandiri dan bekerjasama di bidang keorganisasian
Menciptakan peserta didik yang mampu mennghasilkan berkarya.
Membentuk peserta didik untuk berprestasi dan berkompetisi tingkat Sub Rayon, kabupaten di bidang Tapak Suci dan OSM.
SMP Muhammadiyah 1 Wangon memiliki fasilitas yang cukup lengkap, antara lain:
Ruang kelas yang nyaman dan memadai.
Laboratorium IPA dan Komputer.
Perpustakaan.
Aula.
Lapangan olahraga.
Kantin.
Mushola.
Sekolah ini juga memiliki berbagai ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik, antara lain:
Kerohanian IPM, BTQ
Kepanduan Hizbul Wathan/Kepramukaan.
Olahraga Pencak Silat Tapak Suci, sepak bola, bola voli, bola basket, bulu tangkis
Seni drumband, tari,
Sosial PMR
SMP Muhammadiyah 1 Wangon menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Sekolah ini juga memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan karakter. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak mulia dalam diri peserta didik.
SMP Muhammadiyah 1 Wangon merupakan salah satu sekolah swasta yang berkualitas di Kabupaten Banyumas. Sekolah ini telah banyak menorehkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik.
Keunggulan Sekolah Muhammadiyah dibandingkan sekolah lainnya:
1. Fokus pada Pendidikan Islami: Sekolah Muhammadiyah menempatkan nilai-nilai Islam sebagai inti dari sistem pendidikannya. Ini memberikan landasan moral dan spiritual yang kuat bagi siswa.
2. Pendidikan Karakter: Al-Islam dan Kemuhammadiyahan membentuk kerangka pendidikan karakter di Sekolah Muhammadiyah, yang mencakup kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial.
3. Peran Kepala Sekolah: Kepala sekolah memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa nilai-nilai ini diterapkan secara konsisten dalam setiap aspek kehidupan sekolah. Mereka harus menjadi teladan dan pengawal nilai-nilai tersebut.
4. Kurikulum Integratif: Sekolah Muhammadiyah mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan pendidikan agama, menciptakan kurikulum yang seimbang antara aspek akademis dan spiritual.
5. Lingkungan Pembelajaran yang Islami: Seluruh kegiatan sekolah diarahkan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengamalan ajaran Islam secara praktis, baik dalam kegiatan akademik maupun non-akademik.